You are here: Home » Latar Belakang » Filosofis

Landasan Filosofis

E-mail Print PDF

Pengembangan dakwah Islam membutuhkan penanganan kerja yang terencana dan profesional, karena lapangan dakwah yang melibatkan masyarakat luas dengan berbagai budaya dan perilaku, memiliki dinamika masalah yang cukup tinggi. Belum lagi persoalan dengan kompetitor yang jumlahnya tidak sedikit. Materi dakwah yang membutuhkan penafsiran ketika bersentuhan dengan budaya masyarakat, jika dilakukan seadanya, akan menimbulkan kegagalan.
Di sisi lain, yayasan al-Kahfi yang merupakan organisasi dakwah yang didirikan secara formal pada tahun 1999 telah melakukan berbagai kegiatan dakwah tidak hanya di Surabaya melainkan juga di luar kota. Sekarang ini sudah terdapat cabang-cabang yayasan al-Kahfi di Indonesia yang tersebar tidak hanya di Jawa tetapi juga di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Dalam perjalanan dakwah sangat terasa sekali kebutuhan kami terhadap tenaga ahli manajemen dakwah.

Bukan hanya yayasan al-Kahfi, setiap lembaga dakwah baik berbentuk ceramah, penerbitan, seni, budaya, spiritual, moralitas bahkan politik, yang memiliki tujuan pengembangan organisasi, pasti membutuhkan keahlian sarjana manajemen dakwah, sementara lembaga dakwah dengan berbagai jenisnya di Indonesia, jumlahnya sangat besar, dengan banyak tenaga ahli manajemen dakwah akan dibutuhkan oleh mereka dan akan membawa organisasi tersebut pada kemajuan yang signifikan. Sampai hari ini kami melihat umat Islam kurang memahami fungsi dan peran keahlian manajemen dakwah dalam hubungannya dengan pengembangan organisasi, ke depan dengan sosialisasi yang baik tentang nilai tenaga manajemen dakwah bagi pengembangan organisasi dakwah, dapat menarik dan merekrut tenaga manajemen dakwah, sehingga kemajuan umat Islam akan tercapai tidak hanya pada organisasi dakwah, melainkan juga pada tenaga manajemen dakwah, sektor pendidikan beserta kaitannya.

Pada tahun 2000 yayasan al-Kahfi telah mendirikan Pesantren Modern al-Kahfi dengan jumlah santri pada tahun itu sebanyak 21 orang. Tahun 2009, Pesantren Modern al-Kahfi telah berkembang pesat dengan jumlah santri dan santriwati sebanyak 393 orang, telah memiliki 2 lokal tempat pendidikan (lokal 1 di jl. Gubeng Kertajaya IV-D/81A dan lokal 2 di jl. Juwingan 26).

Dalam perkembangan Pesantren Modern al-Kahfi selama ini, manajemen dan staf pengajar Pesantren Modern al-Kahfi telah menerapkan sistem belajar mengajar dengan pola dan kultur penelitian. Dengan berbekal jumlah santri yang cukup banyak (dari dalam maupun luar kota Surabaya), infrastruktur yang cukup memadai, pengajar serta program belajar mengajar yang berkualitas maka yayasan al-Kahfi mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Al-Hadid dengan program studi Manajemen Dakwah. Dan pada tahun 2014, STID Al Hadid membuka dua prodi baru yakni Komunikasi Penyiaran Islam dan Pengembangan Masyarakat Islam.

SK. DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NO. DJ.I/693/2009
Jl. Kejawan Putih Tambak no 80 Surabaya, 60112
Telepon 031-5968709 Fax. 031- 5968709