You are here: Home » Program Unggulan » Kultur Bahasa Inggris

Kultur Bahasa Inggris

E-mail Print PDF

Di era globalisasi seperti sekarang ini, buku-buku referensi ataupun sumber ilmu yang lain tidak hanya dalam bahasa Indonesia tetapi banyak yang berbahasa Inggris. Selain itu, lulusan STID al-Hadid ke depan akan berkiprah di tingkat nasional dan juga internasional, sehingga kemampuan berbahasa Inggris yang baik mesti dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa STID al-Hadid. Mereka dituntut untuk bisa menyampaikan hasil riset, gagasan dan konsep pemecahan masalah dalam berbagai aspek keilmuan agama, sosial dan manajemen sosial. Untuk itulah bahasa Inggris harus menjadi kebutuhan dan kebiasaan yang dilakukan dalam setiap aktivitas baik formal maupun informal.

  1. Intercultural English Dialogue Forum

    Berdialog langsung dengan Native Speaker tentang persoalan sosial, keagamaan dan manajemen tidak hanya untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris saja, lebih dari itu kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan kondisi sosial dan keagamaan di negara-negara lain. Mahasiswa akan diajak ikut serta berdiskusi, menguji pengetahuan yang didapatkan untuk memberikan gagasan, tidak hanya dilakukan pada saat forum, di luar forum pun mereka tertarik untuk menuntaskan persoalan-persoalan ini. Mereka akan mengukur sejauhmana kemampuannya dalam memecahkan persoalan-persoalan sosial, keilmuan agama, dan manajemen sosial yang terjadi di negara lain. Secara perlahan saat mereka berhasil mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah, rasa percaya diri berkiprah di tingkat Internasional akan muncul, dan bahasa Inggris akan menjadi kebutuhan utama jika ingin berkiprah hingga tingkat Internasional.

    Beberapa pilihan topik yang pernah dibahas:

    1. General topics
      1. Social life of USA society: How history of USA sets the value and current social life of people?
      2. Teenagers life: Trends and issues
      3. NGOs and its role in the society
      4. Military and its role in the society
    2. Religion topics
      1. Government’s role in religion nationally
      2. Islam phobia in USA : How USA’s non-Muslims generally view Islam & Muslims?
      3. Islamic institution and religious movement in USA & Alabama
      4. Muslim’s social mingling as minorities dealing with majorities’ cultures
    3. Education topics
      1. Education system of USA & Alabama
      2. Education and religion: How education institutions manage religious activities inside.

        Keynote Speaker oleh mr. Davide Joseph Freeman a.k.a Daud Jusuf from USA
  2. English Room

    Untuk membiasakan setiap mahasiswa berbahasa Inggris, mereka diwajibkan berdiskusi dan berdialog menggunakan bahasa Inggris tiap hari dan wajib menggunakan bahasa Inggris di English Room. Jika memenuhi kewajiban tiap bulan, berhak mendapatkan reward yang diberikan setiap bulannya, sebaliknya jika kewajiban tidak terpenuhi wajib membayar denda tiap bulan.

    Dengan adanya program ini, secara alamiah kuantitas kosakata dalam bahasa Inggris akan bertambah, karena dalam seluruh konteks baik formal maupun informal dipaksa menggunakan bahasa Inggris. 

  3. English Course

    Setelah proses pembentukan kesadaran sudah terbangun, pembiasaan sudah mengakar dalam aktivitas sehari-hari, maka mahasiswa membutuhkan peningkatan kualitas dalam berbahasa Inggris. Hal ini tidak mungkin dilakukan sendiri, tapi harus dengan orang yang ahli bahasa Inggris. Oleh karena itu STID al-Hadid mewajibkan setiap mahasiswa mengikuti English Course untuk percepatan dan peningkatan skill berbahasa Inggris hingga mampu berdialog dalam aktivitas Formal. English course dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu beginner, intermediate, dan advance level.

SK. DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NO. DJ.I/693/2009
Jl. Kejawan Putih Tambak no 80 Surabaya, 60112
Telepon 031-5968709 Fax. 031- 5968709