Unit Kegiatan Mahasiswa

E-mail Print PDF

STID al-Hadid sangat mendukung pengembangan potensi diri mahasiswa, termasuk dalam bidang-bidang non-akademik. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti kompetisi tingkat internal kampus al-Hadid, tingkat Kota, Propinsi, Nasional atau bahkan tingkat Asia.

1. ADS (al-Hadid Debating Society)

Al-Hadid Debating Society adalah komunitas debat bahasa Inggris di STID al-Hadid. Didirikan pada 29 April 2012 oleh Andriansyah dan Cinta Maulida Utami yang telah sukses mengikuti lomba parliamentary debate Tingkat Asia (The 2012 AEO Binus University). ADS menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki passion dalam English Parliamentary Debate.

Adapun program-program yang selama ini dijalankan oleh ADS antara lain:

  1. Regular Exercise
  2. Debate Workshop
  3. Exhibition Match - ADS berinteraksi dengan komunitas English debate di Surabaya. Beberapa kali pertandingan persahabatan diselenggarakan. Di antaranya: SCoD (Surabaya Community of Debating), Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Narotama, Universitas Katolik Petra.
  4. STID al-Hadid English Tournament
  5. Mengikuti lomba-lomba debat bahasa Inggris tingkat lokal maupun nasional

2. Kelompok Penalaran

UKM Penalaran merupakan unit kegiatan mahasiswa yang menyediakan lahan aktualisasi di bidang penelitian dan penulisan ilmiah. Wawasan dan penerapan penulisan ilmiah, pengenalan tentang jurnal ilmiah, dan pelatihan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hal ini sejalan dengan visi Research University serta ciri khas STID al-Hadid yang mengedepankan nilai-nilai Islam yang ilmiah.

Adapun beberapa kegiatan UKM penalaran yang telah dan akan dijalankan antara lain:

  1. Workshop Penelitian Kuantitatif-Kualitatif
  2. Workshop Penulisan Ilmiah
  3. Debat ilmiah dengan topik seputar manajemen dakwah dan pemikiran Islam kontemporer.
  4. Lomba-lomba penelitian khususnya bidang sosial dan manajemen dakwah.

3. Arabic Course

Kemampuan berbahasa tidak hanya bahasa Inggris saja. Mahasiswa STID al-Hadid juga harus memiliki kompetensi berbahasa Arab. STID al-Hadid mewajibkan seluruh mahasiswa untuk mengikuti Arabic Course yang diadakan setiap 1 minggu sekali. Mahasiswa dibagi dalam beberapa tingkat kelas berdasarkan kemampuan bahasa Arabnya.

Galeri Foto


Add comment


Security code


Refresh

SK. DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NO. DJ.I/693/2009
Jl. Kejawan Putih Tambak no 80 Surabaya, 60112
Telepon 031-5968709 Fax. 031- 5968709